Liburan Bali

Wisata dan Rekreasi Pulau Bali

Wisata Religi Di Goa Giri Putri Bali

Wisata Religi Di Goa Giri Putri Bali

October 23rd, 2014
Wisata Religi Di Goa Giri Putri Bali

Wisata Religi Di Goa Giri Putri Bali

Objek wisata spiritual saat ini menjadi salah satu wisata alternatif yang cukup banyak diminati, termasuk Goa Giri Putri yang menjadi perhatian para wisatawan yang berkunjung ke Nusa Penida, Klungkung, Bali. Goa ini dijadikan sebagai tempat beribadah umat Hindu di Bali. Umat Hindu yang berkunjung ke tempat ini biasanya dengan suatu tujuan yaitu melakukan sembahyang terkait dengan perjalanan spiritual ke beberapa tempat suci di Pulau Nusa Penida yang dikenal tandus.

Berdasarkan penuturan dari beberapa tokoh masyarakat setempat, goa yang terletak di Dusun Karangasri, Suana, Nusa Penida ini selain mempunyai beberapa keunikan yang sulit diterima oleh logika juga dianggap sesuai untuk bertapa karena suasananya yang hening.

Pan Kerti, penunggu goa tersebut mengatakan salah satu keajaiban dari goa ini adalah adanya air suci yang tak pernah habis walaupun telah diambil berkali – kali oleh orang – orang yang sembahyang di tempat ini.

Sumber air tersebut tidak pernah berkurang walaupun saat musim kemarau dan tidak pernah meluap saat musim penghujan. Inilah salah satu keajaiban goa ini. Lokasi air suci terletak di salah lorong goa ini.

Selain adanya air yang tak pernah habis, keajaiban lainnya adalah keberadaan tetesan air dari langit – langit goa ke lantai yang mengeras dan bentuknya seperti stupa. Goa yang dikeramatkan oleh masyarakat setempat itu diperkirakan sudah berusia ratusan tahun.

Masuk ke dalam goa, terdapat empat pelinggih atau tempat untuk berdoa dan di luar goa terdapat satu pelinggih. Bagi yang ingin sembahyang di dalam goa, umat wajib melakukan sembahyang di depan pelinggi di luar goa. Sembahyang di luar goa ini bertujuan untuk permisi agar diperkenankan berdoa di dalam.

Untuk sampai di mulut goa yang berada di lereng bukit dengan bunga karang tersebut, setiap pengunjung harus menaiki sekitar 100 anak tangga terlebih dahulu. Goa Giri Putri terlihat unik karena siapapun yang ingin masuk dalam goa harus masuk ke mulut goa terlebih dulu. Mulut goa tersebut tidak terlalu besar sekitar seukuran badan sehingga untuk memasukinya harus satu per satu.

Ketika melewati mulut goa, pengunjung yang masuk juga harus membungkuk dan tiarap beberapa meter karena adanya batu – batu yang menonjol. Tetapi setelah membungkuk sekitar 5 m, pengunjung akan menemukan ruangan besar dengan diameter sekitar 60 m dan memanjang sekitar 200 m.

Di bagian utara dinding gua, terdapat beberapa lampu listrik untuk menerangi umat yang ingin berdoa di tempat itu. Bagian ujung goa menembus dinding jurang yang di bawahnya membentang sungai kering. Menurut masyarakat setempat, sungai ini hanya berair saat hujan cukup deras. Jika ingin berkunjung ke Goa Giri Putri, Anda harus melakukan perjalanan selama sekitar 35 menit dari Sampalan, kota kecamatan Nusa Penida menggunakan kendaraan umum.

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

Liburan Bali

Wisata dan Rekreasi Pulau Bali